Resep Sayur Asem Bening Sunda Raos

Resepi Sayur Asem Bening Sunda Raos – Sayur asem merupakan salah satu masakan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Jangan heran, karena rasa kuahnya tuh pas diseruput, hmm… asem-asem gimana gitu, bikin seger dan bikin mata merem melek.

Hehe…  Apalagi kalo makannya didampingi dengan nasi hangat, ikan asin dan sambal, gak kebayang deh nikmatnya… Raos pisan.

Resepi Sayur Asem Bening Sunda Raos

Ilustrasi Gambar Resepi Sayur Asem Bening Sunda Raos

Apa Itu Sayur Asem?

Sayur asem merupakan masakan tradisional khas Indonesia yang sangat disukai oleh mayarakatnya. Ada banyak variasi sayur asamnya seperti sayur asam Jakarta yang didominan oleh orang Betawi, sayur asam kangkung yang menggunakan variasi kangkung, dan sayur asem ikan asin.

Bahan-bahan yang digunakan berupa nangka muda, belimbing sayur, melinjo, kacang panjang, asam jawa, kacang tanah, dan asam jawa. Terkadang ada menu tambahan jagung ke dalamnya. Masakan ini mempunyai rasam asam dan manis sangat menggoda selera.

Apa itu Sayur Asem?

 Apa itu Sayur Asem?

Biasanya masyarakat kita memadukan sayur asem ini dengan lauk kering seperti ikan goreng atau ikan asin dan ditambah dengan sajian lalapan serta sambal-sambal. Wuiih, kebayang kan enaknya? Masakan ini ternyata sama rupanya dengan tom yam kun yang merupakan masakan asal Thailand.

Bahan yang diperlukan dalam membuat Resepi Sayur Asem Bening Sunda Raos

  • 1 buah jagung manis (potong-potong sesuai selera)
  • 1 buah pepaya muda kecil (kupas, potong-potong)
  • 5 butir bawang merah (diiris)
  • 2 buah cabai merah besar (diiris)
  • 1 ruas lengkoas, memarkan
  • gula pasir (sedikit saja)
  • penyedap rasa secukupnya (mecin)

Cara Membuat Sayur Asem Bening Sunda Raos

  1. Masak air bersama bawang merah, cabai merah, terasi, lengkoas, asam jawa, kacang tanah, kacang merah, buah melinjo, garam, gula pasir dan penyedap rasa sampai mendidihResepi Sayur Asem Bening Sunda Raos
  2. Masukkan jagung manis dan pepaya, masak sampai jagung dan pepaya matang.
  3. Masukkan daun melinjo dan kacang panjang, masak sebentar dan angkat.

Dah jadi deh sayur asemnya. Selamat mencoba 🙂

Manfaat Dan Kandungan Nutrisi Pada Sayur Asem

Berbagai penelitian yag sudah dilakukan pada biji melinjo ini menunjukkan bahwa melinjo menghasilkan senyawa yang berupa antioksidan. Aktivitas antioksidan ini didapat dari konsentrasi protein tinggi sekitar 9-10 persen dalam setiap biji melinjo.

Sumber protein utamanya berukuran 30 kilo Dalton yang sangat efektif dalam menghancurkan radikal bebas yang merupakan sumber penyebab datangnya penyakit.

Manfaat Dan Kandungan Nutrisi Pada Sayur Asem

Manfaat Dan Kandungan Nutrisi Pada Sayur Asem

Ternyata melinjo juga merupakan antimikroba alami yang berarti protein melinjo ini juga bisa dipakai sebagai pengawet alami pada makanan, sekaligus menjadi obat baru untuk penyakit yang disebabkan oleh beberapa jenis bakteri.

Peptida yang diisolasi dari biji melino diindikasi mempunyai potensi yang aktif dalam menghambat beberapa jenis bakteri gram positif dan negatif.(sumber: allfresh.co.id).

Resepi Terkait Mengenai Resepi Sayur Asem Bening Sunda Raos


Terimakasih Telah Membaca Artikel Cara Membuat Sayur Asem Bening Sunda Raos

Jika kalian menyukai artikel  Cara Membuat Resepi Sayur Asem Bening Sunda Raos disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar ResepiiMasakan.info bisa memberikan lebih banyak informasi mengenai resep kue serta masakan dan tentunya bisa bermanfaat bagi Anda semua 🙂

Akhir kata, Selamat mencoba di dapur uji coba kesayangan anda!

Gambar : masakan-kita.com, melinjo.net || Resepi: Dewi Mulia

/* */
Resepi Makanan Masakan Simple Sedap © 2017